Manfaat dan Khasiat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan

indra 9:14 AM

Manfaat bawang putih tunggal untuk kesehatan – Bawang putih tunggal biasa dikenal orang jawa dengan sebutan bawang putih lanang. Berbicara tentang bawang putih tunggal, terlintas mungkin apa yang sering kita temui sehari-hari yaitu sebagai bumbu dapur. Namun ada beberapa perbedaan dari bawang putih tunggal dengan bawang putih biasa yaitu pada siungnya, bawang putih tunggal memiliki satu siung sedangkan bawang putih biasa memiliki beberapa siung.

Selain perbedaan dari rupa bawang putih tersebut, ternyata kedua bawang putih ini memiliki fungsi atau manfaatnya sendiri. Bawang putih tunggal ini memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan dan orang tua jaman dulu sering menggunaan bawang putih tunggal ini sebagai ramuan atau obat untuk mengatasi berbagai macam penyakit. beda halnya dengan bawang putih biasa pada umumnya yang sering di jadikan sebagai bumbu dapur.

Manfaat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan


Para ahli kesehatan menyatakan, untuk medapatkan hasil manfaat dari bawang putih tunggal ini yaitu harus di cincang atau di iris agar kandungan dalam bawang tersebut keluar dan bekerja dengan maksimal. Adapun beberapa kandungan zat yang terkandung pada bawang putih tunggal seperti saltivine, fosfor, belerang, lemak, kalisum, dan beberapa kandungan Vitamin di dalamnya. Selain itu, bawang putih tunggal mengandung minyak atsiri yang berfungsi sebagai anti-bakteri untuk menghindari resiko terkena penyakit. Nah, di bawah ini telah saya ringkas dari beberapa sumber tentang manfaat bawang putih tunggal untuk kesehatan tubuh sebagai berikut :

1. Sebagai obat flu
Kandunga Vitamin C, Mineral, dan Sulfur yang terkandung pada bawang putih tunggal bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Untuk mendapatkan manfaat dari bawang putih tunggal ini ada cara yang bisa anda lakukan. Pertama, iris bawang putih tunggal ini secukupnya, kemudian campurkan dengan madu alami. Setelah itu, kunyah dan lakukan tiga kali dalam satu hari.

2. Bermanfaat untuk mengurangi resiko penyakit jantung
Dalam sebuah penelitian menyatakan bahwa dengan sering mengkonsumsi bawang putih tunggal setiap hari dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

3. Dapat mengobati maag
Cara yang bisa anda lakukan untuk memanfaatkan bawang putih tunggal dalam mengatasi penyakit maag yaitu dengan cara mengunyah bawang putih secara mentah dengan rutin dan teratur setiap hari atau min 3 kali dalam satu minggu.

4. Sebagai obat gatal
Manfaat bawang putih tunggal juga berkhasiat untuk mengobati gatal-gatal pada kaki. Adapun caranya sangat mudah sekali, yaitu dengan mengiris kecil-kecil bawang tersebut secukupnya, lalu masukan pada wadah yang berisikan air hangat, kemudian masukan kedua kaki anda dan basuh dengan mengosok-gosokan yang gatal dengan tangan anda.

Baca Juga : Manfaat Black Garlic Untuk Kesehatan


5. Sebagai obat batuk
Manfaat bawang putih untuk kesehatan lainnya yaitu mampu mencairkan dahak sehingga sangat cocok bagi yang sering batuk-batuk Cara mendapatkan manfaatnya dari bawang putih tersebut yaitu dengan memanggang bawang putih tersebut, lalu tumbuk-tumbuk halus dan campurkan dengan madu alami. Setelah itu, konsumsilah ramuan ini sebelum tidur secara rutin setiap hari sampai batuk dahak berhenti.

6. Mengobati sakit demam
Cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan manfaat dari bawang putih tunggal untuk mengatasi sakit demam yaitu. Pertama, iris daun bawang tersebut, campurkan dengan madu alami. Kemudian kossumsilah ramuan tersebut.

7. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh
Beberapa penelitian kesehatan menyatakan, jika mengkonsumsi bawang putih tungggal secara rutin dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga sangat baik bagi orang yang sangat rentan terkena penyakit flu, denam, atau batuk agar tidak mudah sakit. Cara untuk mendapatkan manfaat dari bawang putih tunggal ini yaitu dengan mengiris kecil-kecil bawang putih tersebut, kemudian telan tanpa harus di kunyah.

8. Diet
Para ahli kesehatan juga menyatakan dalam penemuannya bahwa dengan mengkonsumsi bawang putih tungga dapat mencegah obesitas dan mencegah berat badan berlebihan, juga dapat menurunkan berat badan, sehingga cukup baik bagi kamu yang sedang menjalankan program dietnya.

9. bermanfaat untuk mencegah resiko terkena kanker
Manfaat bawang putih tunggal untuk kesehatan yang luar biasa yaitu dapat mencegah penyakit kanker. Hal ini telah di buktikan dalam sebuah peneltian kesehatan, seseorang yang mengkonsumsi bawang putih secara rutin akan terhindar dari resiko penyakit kanker. Dalam hal ini, bawang putih tunggal mengandung organosulfida yang berfungsi untuk membantu kinerja hati dalam membersihkan berbagai macam racun dalam tubuh, sehingga akan memperhambat pertumbuhan kanker tersebut.

10. Dapat mengobati asam urat
Asam urat di sebabkan karena Zat purin yang berlebihan dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan sakit pada persendian. Zat purin yang berlebihan pada persendian ini dapat di kurangi secara efektif dan alami yaitu dengan mengkonsumsi bawang putih tunggal.

11. Melancarkan sistem pencernaan
Manfaat mengkonsumsi bawang putih tunggal untuk kesehatan yang lainnya yaitu dapat melancarkan sistem pencernaan. Kandungan allicin yang terkandung pada bawang putih tunggal ini terbukti mampu membunuh bakteri dan jamur yang merupakan penyebab terjadinya gangguan pencernaan seperti wasir, disentri, dan sembelit.

12. Bermanfaat untuk menurunkan darah tingggi
tekanan darah tinggi ini sering di sebabkan karena serangan jantung atau stroke. Bawang putih tunggal ini memiliki sifat menenangkan, sehingga dengan mengkonsumsi bawang tersebut dapat menenangkan dan dapat terhindar dari depresi atau stres dan kondisi tubuh pun akan lebih rileks.

13. Bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah
Zat besi yang terkandung pada bawang putih tunggal mampu menormalkan peredaran darah serta dapat mencegah penyakit anemia. Selain itu, kandungan zat besi yang terkandung pada bawang putih ini berkhasiat untuk mencegah timbulnya pegal-pegal linu dan rematik. Demikian artikel kali ini tentang manfaat bawang daun tunggal untuk kesehatan tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat dan berguna untuk anda yang membutuhkannya. Terimakasih...

Artikel Terkait

Previous
Next Post »